SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PELEPASAN SERAH TERIMA PESERTA DIDIK KELAS XII SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jum'at, 04 Mei 2018 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 896 Kali

SMK Negeri 3 Magelang Kamis tanggal 3 Mei 2018 mengadakan acara Pelepasan Serah Terima Peserta Didik Kelas XII tahun ajaran 2017 /2018.  Lapangan sekolah yang ditata tenda-tenda dan panggung menjadi tempat kegiatan acara tersebut yang sekaligus pentas seni dengan tema “Mantapkan Jati Diri Meraih Prestasi”. Kelas XII yang berjumlah 325 siswa siswi dari empat Program Keahlian Yaitu Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana dan Tata Kecantikan diserahkan kembali dari Pihak Sekolah oleh kepala sekolah kepada pihak orang tua yang diwakili oleh ketua Komite yaitu Drs. Ngaderi Budiyono. Dihadiri tamu undangan dari DUDI, BP2MK wilayah IV, Pengawas SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Jateng, orang tua dan guru karyawan.

 

Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar menyampaikan dalam sambutannya ucapan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan pendidikan di SMK Negeri 3 Magelang, tidak salah menitipkan putra putrinya menempuh pendidikan di sekolah ini karena SMK Negeri 3 Magelang banyak mencetak prestasi-prestasi baik siswanya maupun kondisi sekolah. SMK Negeri 3 terpilih dan termasuk  125 SMK Revitalisasi dari sekitar 130 ribu lebih SMK di Indonesia. Strategi utama revitalisasi SMK antara lain membangun relevansi lulusan dengan pasar tenaga kerja. Selain itu perlu ada penjaminan mutu, yakni standardisasi proses pembelajaran dan sertifikasi keahlian berbasis industri. Sejak tahun 2015 dicanangkan MEA maka SMK Negeri 3 Magelang juga sudah menyesuaikan mempersiapkan agar lulusan siswanya dapat diterima di DUDI yang relevan dan mampu bersaing di dunia global. Mila juga menyampaikan permohonan maaf  jika selama menghantarkan pendidikan selama tiga tahun banyak kesalahan ataupun ada yang tidak berkenan. Harapannya adalah menghantarkan kesuksesan.

Kelulusan bukan berarti kebahagiaan yang harus diluapkan dengan eforia berhura-hura aksi corat coret, tetapi diwujudkan dengan bentuk rasa syukur dan tetap berdoa. Untuk menghindari dampak negatif maka sesuai intruksi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah maka pengumuman dilakukan tidak boleh kurang dari jam 15.00 WIB.

Pejabat BP2MK Wilayah IV yang diwakili Dra. Asturi, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah karena telah mengkondisikan acara Pelepasan Serah Terima sekaligus sebagai Pengumuman Kelulusan dengan upaya antisipasi corat coret pasca pengumuman dengan mewajibkan para siswanya berbusana Nasional / Adat bukan seragam sekolah.  Menempuh pendidikan di SMK selain utamanya bisa siap kerja di industri tetapi tetap dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Drs. Tokhibin, M.Pd selaku Wakasek 1 bidang kurikulum mengumumkan beberapa penghargaan (reward) prestasi para siswa. Reward peringakat 1 pada semester Ganjil dan semester genap masing-masing mendapat penghargaan uang Rp 600.000. Selain penghargaan bidang akademik juga memberikan penghargaan Siswa berkepribadian terbaik, karena sekolah memberlakukan pendidikan karakter maka dari penilaian adalah yang keseharian memiliki sikap dan karakter yang baik. Pengharagaan itu diberi nama “KARTIKA KIRANA”  Peringkat pertama diraih oleh Putri Pertiwi kelas XII Tata Kecantikan Kulit, yang kedua Animatuz Zuhriana Solihah kelas XII Boga 1, dan ketiga Arum Yuni Utami kelas XII Busana 3. Hal ini dapat menjadi motivasi bahwa justru sikap dan berkepribadian adalah  menjadi penilaian dan pengamatan dari para gurunya.

Beberapa penghargaan akademik untuk pelaksanaan ujian dengan beberapa kategori, nilai Uji Kompetensi keahlian (UKK) dari masing-masing Proke, yaitu dari 70 % nilai praktik dan 30 % nilai teori yaitu :  Adelia Fani Arista (XII Aph 1), Manda Nur Rahma (XII Bg 2), Arum Yuni Utari (XII Bsn 3), Suci Rahman Kurniasih (XII Kc Kulit) Lia Fita Sari (XII Kc Rambut).

Peringkat  nilai USBN : tertinggi diraih Sukarti Wahyuningsih (XII Bg 3), Ani Dwi Saputri (XII Bsn 2), Yemima Setiasih (XII Bg 1)

Peringkat Nilai Ujian Nasional (UNBK) : tertinggi diraih Adelia Fani Arista (XII Aph 1), Fajar Wibowo (XII Aph 1), Manda Nur Rahma (XII Bg 2).

Penghargaan untuk siswa yang memperoleh nilai 100 untuk mata pelajaran Matematika ada 7 siswa yaitu : Ananda Tri Kurniawati Dewi (XII Aph 2), Uswatun Hasanah (XII Bg 1), Manda Nur Rahma (XII Bg 2), Violita Ardianti (XII Bg 2), Sukarti Wahyuningrum (XII Bg 3), Aulia Noursabita (XII Bs 2), Rinawati (XII Bs 2).

Penghargaan diberikan secara langsung dan didampingi oleh orang tua, sehingga memberikan kebahagiaan dan kebanggan orang tuanya.

Beberapa rangkaian acara adalah acara hiburan berupa pentas seni dari karya hebat dan tampilan beberapa penari dari kegiatan ekstrakurikuler baik tari maupun menyanyi. Seperti tampilan tari Soul, tari Janger, tari Batik, Tari Lenggang Kangkung, tari Kreasi, paduan suara, Band dll,

Kolaborasi acara yang dilaksanakan adalah paduan kerjasama dari beberapa program keahlian yang ada, seperti dandan make up rias dan penataan hair do atau sanggul dari para siswi Tata Kecantikan, beberapa kostum pendukung adalah karya siswa dari Tata Busana, sedangkan untuk konsumsi disiapkan oleh Tata Boga, untuk resepsionis among tamu dukungan dari Perhotelan, dan acara diliput sie dokumentasi dari Multi Media, Jadi lengkap sudah event terselenggara secara kompak dari semua komponen partisipasi semua proke. Inilah keunggulan SMK Negeri 3 Magelang secara mandiri mampu mempersiapkan acara secara mandiri dan kompak. Cocok dengan slogan SMK BISA SMK HEBAT.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT