SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Efektivitas Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 di SMK Negeri 3 Magelang

Sabtu, 07 April 2018 ~ Oleh Sumiatun ~ Dilihat 531 Kali

Sistem Pendidikan Nasional yang termaktub dalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 memuat fungsi pendidikan nasional dengan jelas, yaitu untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang beraklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Berdasar UU Sisdiknas tersebut, SMK pada khususnya telah mengembangkan kurikulum SMK dengan pendekatan berbasis kompetensi, berbasis luas dan mendasar. Dimulai dari tahun 1994 disempurnakan pada Kurikulum SMK edisi 1999 melalui proses penyesuaian (Sinkronisasi) tahun 2004. Kurikulum ini memuat kompetensi yang dibutuhkan di Dunia Usaha dan Dunia Industri. Kemudian mulai tahun ajaran 2007-2008 diberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP). Hingga pada tahun 2013 kurikulum bermigrasi pada kurikulum 2013 yang berpusat pada peserta didik. Sumber belajar lebih luas, guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar namun sebagai fasilitator belajar peserta didik.

Titik berat kurikulum 2013 ini menjawab kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri untuk memperoleh tenaga kerja yang kompeten dan berkarakter. Untuk itulah Dikdasmen mengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas tamatan Sekolah Menengah Kejuruan dengan program yang memuat kriteria-kriteria yang harus dipenuhi bagi SMK. Salah satu kriterianya adalah menerapkan Sistem Manajemen Mutu. SMM yang bisa dijalankan di SMK adalah ISO 9001:2008.

Keuntungan yang diperoleh dengan penerapan SMM ISO 9001:2008 adalah terbentuknya sistem manajemen yang baik di dalam sekolah. Tentang administrasi dan karakter kerja serta proses pembelajaran pada seluruh komponen sekolah. Komponen tenaga administrasi, guru, dan juga siswa yang menjadi pelanggan sekolah. Penerapan SMM ISO memberikan kontribusi pada proses penyelenggaraan pendidikan sebagai upaya meningkatkan motivasi kerja dan mutu layanan sekolah.

Begitu pula dengan SMK Negeri 3 Magelang. Sejak 2009 telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Banyak keuntungan yang diperoleh dengan penerapan system manejemen ini. Pertama, Komite Sekolah sebagai wakil orang tua peserta didik turut merancang visi misi sekolah. Sehingga terjadi sinkronisasi antara orang tua, peserta didik, dan pihak sekolah.

Kedua, seluruh komponen sekolah memahami tugas, pokok, dan fungsinya. Dengan penjabaran visi dan misi sekolah dari Komite sekolah, stakeholder, sampai pada guru memudahkan brakedown tugas masing-masing. Guru dapat mengembangkan diri baik dari segi kognitif maupun kompetensinya.

Ketiga, program sekolah tak hanya disusun begitu saja, namun berdasar analisis kelemahan dan kekuatan sekolah. Sehingga menghasilkan prestasi sekolah baik akademik maupun non akademik.

Seperti yang disampaikan Mila Yustiana, Kepala SMK Negeri 3 Magelang dalam Tinjauan Manajemen 10, bahwa dengan diterapkannya SMM ISO 9001:2008 mampu mengantarkan SMK Negeri 3 Magelang pada pencapaian yang luar biasa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Di antaranya, 1) SMK Negeri 3 Magelang sebagai SMK rujukan pengembangan pariwisata, 2) sebagai SMK Program Revitalisasi Kelompok Pariwisata, 3) Penerapan Program Gerakan Literasi Sekolah, 4) Sekolah memiliki SMK aliensi sebanyak 5 SMK di Temanggung dan Magelang, dan 5) Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa.

Pencapaian ini merupakan salah satu hasil dari efektivitas pelaksanaan SMM ISO 9001:2008 yang sudah dilaksanakan selama 10 tahun. Terlebih lagi SMM ini diakui secara internasional, berdampak pada peserta didik menjadi tamatan yang kompeten dan kemampuannya diakui secara internasional pula. Hal ini terbukti dengan prestasi yang diperoleh peserta didik, baik di tingkat regional, nasional, dan internasional. Diterimanya tamatan SMK Negeri 3 Magelang pada Dunia Usaha dan Dunia Industri yang relevan dengan jenjang karir yang bagus.(SA)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL