You need to enable javaScript to run this app.

Cerita Inpiratif Alumni Perhotelan dalam Meraih Mimpi

  • Rabu, 07 Februari 2024
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
Cerita Inpiratif Alumni Perhotelan dalam Meraih Mimpi

Setiap individu memiliki mimpi meraih asa dan masa depan lebih baik. Begitupun bagi Ananda Muhammad Bagus Wicaksono alumni Perhotelan 2015. Sebagai salah satu alumni, maka Ananda Bagus begitu biasa beliau disapa membagikan cerita inspiratif bagi kelas XII Perhotelan. Kegiatan ini diselenggarakan hari Senin, 5 Februari 2024 bertempat di ruang pertemuan lantai 2 dikemas secara santai tanpa mengurangi substansi dalam memotivasi murid.

Acara dibuka oleh Ketua Kompetensi Keahlian Perhotelan Iswati Ardiyanti, S.Pd. Iswati berharap dengan cerita inspiratif yang disampaikan oleh Ananda Bagus dapat menjadi rekomendasi dalam menentukan pilihan jenjang karier setelah tamat dari SMK Negeri 3 Magelang. 

Setelahnya dilanjutkan dengan berbagi cerita dari Ananda Bagus. Jatuh bangun, tetap semangat dan berjuang terus dalam mewujudkan mimpi disampaikan Ananda Bagus secara runtut. Mengalami sebagai anak dengan kondisi ekonomi yang tidak stabil sehingga membakar semangat untuk tetap sekolah. Membantu orang tua di berjualan di depan Puskesmas dekat tempat tinggal bahkan meminta sedikit modal ke orang tua untuk berwirausaha dengan menjual aneka kudapan dan jajanan ke teman sekelas adalah strategi bertahan di tengah keterpurukan ekonomi yang terjadi dalam keluarga.

Ananda Bagus mengungkapkan bahwa dengan kondisi yang terpuruk bukan halangan dalam meraih apa yang dicita-citakan. Dengan tekad tanpa ikut-ikutan teman, ananda Bagus menentukan sikap dalam menapaki karier di bidang Perhotelan. Saat SMK Ananda Bagus melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di salah satu hotel bintang 4 bidang housekeeping di Yogyakarta selama enam (6) bulan bersama sahabatnya Ananda Benedictus Lucky. Menerapkan pola hidup hemat tetap dijalankan agar bisa menyelesaikan PKL. Babak baru setelah menamatkan pendidikan di SMK penuh lika-liku dialami silih berganti. Masuk sekolah kehidupan baru dengan ragam rintangan yang sangat kompleks. Pengalaman sebagai room boy dan laundry attendant menjadi sebagian bekal sebelum bisa lulus seleksi dan bekerja di kapal pesiar dengan rute pelayaran di Eropa dan Antartika.

Pesan Ananda Bagus bagi adik-adik kelas XII Perhotelan sebagai motivasi adalah tidak menyerah, percaya diri, mau belajar, berdoa, berusaha dan yang tidak kalah penting meminta doa restu orang tua. Hindari ikut-ikutan teman tanpa menentukan arah tujuan hidup. Hindari calo apalagi menyogok hanya untuk mendapatkan sesuatu. Cari agen (user) kapal pesiar yang memiliki kredibilitas yang baik dan terpercaya.

Hormati siapapun termasuk guru. Belajar sungguh-sungguh sehingga tidak menyesal seperti yang dialami oleh ananda Bagus. Saya menyesal tidak sungguh-sungguh belajar bahasa Jepang ketika SMK dulu, ungkap Ananda Bagus. Padahal bahasa Jepang sangat berguna di dunia kerja. Waktu bekerja di kapal pesiar selama 12 jam sehari. Hal yang sangat tidak ditoleransi adalah pelecehan seksual, LGBT, dan mencuri. Jika terbukti langsung di kembalikan ke negara asal.

Setelah berbagi cerita inspiratif saat yang paling ditunggu adalah sesi tanya jawab. Ada yang bertanya suka duka bekerja di kapal pesiar, muntah saat berlayar, berapa gaji yang di dapat, peluang perempuan bekerja di kapal pesiar hingga persyaratan yang perlu dipersiapkan sehingga memenuhi kualifikasi sebagai pekerja di kapal pesiar.

Motivasi dengan cerita inspiratif alumni dalam meraih mimpi bekerja di kapal pesiar menambah wawasan dan semangat untuk tidak lelah memperjuangkan hari depan yang lebih baik.

#SMKBisa

#SMKPariwisata

#SMKBisaHebatSiapKerjaSantunMandiriKreatif

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner