You need to enable javaScript to run this app.

SISWA SMK NEGERI 3 MAGELANG IKUTI ASESMEN BAKAT MINAT 2023

  • Rabu, 22 November 2023
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
SISWA SMK NEGERI 3 MAGELANG IKUTI ASESMEN BAKAT MINAT 2023

MAGELANG- Siswa kelas XII SMKN 3 Magelang mengikuti Asesmen  Bakat  Minat  berbasis komputer pada hari Senin – Selasa - Rabu, 20 s.d. 22 November 2023 di laboratorium komputer dan bahasa sekolah setempat.

Asesmen Bakat Minat (ABM) merupakan tes yang mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuan peserta didik pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan tertentu.

Asesmen Bakat Minat  berbasis komputer  (Computerized Based Test - CBT)  diselenggarakan oleh  Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP), Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek. Asesmen ini  dilaksanakan secara daring (full online).

Kegiatan ini  bertujuan untuk memberikan informasi ke siswa, sekolah, ataupun orang tua mengenai potensi siswa tersebut pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur sehingga diharapkan dapat membuat arah pengembangan dirinya secara lebih jelas dan terencana.

Aspek yang diukur dalam Asesmen Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa . Ketujuh aspek tersebut dituangkan dalam 140 butir soal yang dikerjakan dalam waktu 120 menit. Sedangkan  untuk Asesmen  Minat mengukur minat dasar, minat metodis, dan minat praktis terdiri atas 108 butir soal dengan waktu mengerjakan 30 menit.

Asesmen  Bakat  Minat  diikuti 377 siswa kelas XII dari lima program keahlian di SMK Negeri 3 Magelang, yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broadcasting dan Perfilman, serta Busana.

   Penulis Tim Jurnalistik Skaniga ( Umi Khayah Rusiyanah)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner