You need to enable javaScript to run this app.

Uswatul Dheni Fatimah Juara Favorit Lomba Desain Busana Batik 2023

  • Selasa, 14 November 2023
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
Uswatul Dheni Fatimah Juara Favorit Lomba Desain Busana Batik  2023

SMK Negeri 3 Magelang,  Program Keahlian  Busana mengikuti Lomba Desain Busana Batik yang diselenggarakan oleh Dekranasda Kabupaten Magelang pada hari Minggu (12/11) di Artos Mall Magelang.

Tema yang diangkat adalah busana casual  atau busana casual konvensional. Lomba diikuti 35 peserta dalam kategori pelajar dan umum. Syarat peserta umum adalah penduduk Kabupaten Magelang atau dari kalangan industri bidang fashion. 

Peserta lomba wajib membuat busana casual kreatif wanita dengan menggunakan kain batik hasil karya UMKM Kabupaten Magelang yang telah disediakan oleh panitia. Lomba  ini bertujuan dapat mengembangkan produk lokal terutama produk batik Kabupaten Magelang.

  

Melalui proses yang panjang dari mendesain, membuat moodboard, narasi yang dikumpulkan sebelum pelaksaaan lomba, kemudian membuat pola sampai proses menjahit. Alhamdulillah pada pelaksanaan Lomba Fashion Show, Uswatul Dheni Fatimah dari kelas XII busana 2 meraih  Juara Favorit. Tema yang diangkat Uswatul adalah “Grubi”. Grubi  merupakan makanan khas Magelang sejak tahun 1980- an dan sampai sekarang masih tetap bertahan. Jajanan ini berbahan dasar ubi jalar dengan cita rasa manis legit khas gula jawa. Mengangkat keberagaman budaya Magelang salah satunya adalah wisata kuliner. Diwujudkan dalam bentuk busana casual konvensional dengan detail berupa aplikasi sulam usus yang terinspirasi dari tekstur grubi. Busana ini memakai batik Magelangan asli warna ungu dan kuning yang merupakan warna dasar grubi dan terwujud dalam motif batik kontemporer tersebut. Material atau bahan yang digunakan yaitu kain batik, kain tenun polos, dan tali katun sebagai detail. “Busana ini terdiri dari empat bagian yaitu blus, luaran, celana, obi (sabuk) yang mengangkat konsep ready to wear dengan gaya casual konvensional yang cocok digunakan oleh wanita usia remaja dan dewasa,” papar Fatimah.

Uswatul Dheni Fatimah bukan satu-satunya peserta dari SMKN 3 Magelang. Teman-temannya juga mengikuti lomba ini, mereka di antaranya,  Arih Niasih yang mengambil tema Cengkih Menoreh. Desain ini terinspirsi dari petani cengkih Menoreh Borobudur Magelang, Ririn Puspitasari Wahyu Nugraheni mengambil tema Sirkam Manikam Pramodhawardhani yang menggambarkan sebuah Kerajaan beserta rakyatnya. Salsa Bilaramadani mengambil tema Demeter. terisnpirasi dari hijaunya kota Magelang. Ketiganya dari kelas XII Busana 1. Dari kelas XII Busana 2, selain Uswatul Dheni Fatimah, ada Arsyta Nanda Utami yang mengambil tema Batik Bambu. Sedangkan siswa dari kelas XII Busana 3,  Thriamas Nabila Ayunisa, Laila Nur Larasati, dan Rifara Aulia Ulinnuha.       Thriamas Nabila Ayunisa  mengambil tema Rupadhatu. Dia terinsiprasi dari candi Borobudur yang ada tingkatannya yaitu Rupadhatu yang  mengambarkan kehidupan manusia yang sudah terbebas dari hawa nafsu tetapi masih terikat dengan hal duniawi. Laila Nur Larasati mengangkat tema “Borobudur Volcanos Stone” dengan menggunakan batik kontemporer Magelang dengan motif lelehan magma yang mengalir.  Ia terinsiprasi dari letusan Gunung Merapi pada masa lampau.  Rifara Aulia Ulinnuha  memilih  tema Hidden Gem yang terinspirasi dari banyaknya hamparan bebatuan dan pohon bambu di salah satu sungai di Kabupaten Magelang.

Penilaian dewan juri berdasarkan originalitas karya, kreativitas desain, kesesuaian dengan tema, keserasian warna dan motif, kerapian jahitan, dan penampilan di atas panggung.

“ Melalui lomba ini banyak kreativitas yang muncul dari para peserta dalam mengolah busana batik casual konvensional, “ kata Pak Tatok Prihasmanto, salah satu Dewan Juri Desain Busana Dekranasda Kabupaten  Magelang Kriya Abinaya sebelum menyebutkan para pemenang.

Annis Muntholiah, S.Pd. selaku ketua program keahlian Busana mengatakan bahwa sekolah memberi kesempatan kepada semua siswa untuk berlatih dan belajar serta mencari pengalaman sebanyak-banyak dengan mengikuti berbagai kompetisi sehingga akan terlatih mentalnya dan siap menjadi jawara di mana pun. (Ning)

Foto bersama desainer dan model

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner