You need to enable javaScript to run this app.

EKSPOS KARYA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG

EKSPOS KARYA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG

MAGELANG- Program Keahlian Busana SMK Negeri 3 Magelang menyelenggarakan fashion show ekspos karya siswa kelas XII pada hari Senin (13/3/2023) di Atrium Artos Mall Magelang.

Acara ekspos karya ini merupakan rangkaian kegiatan Tugas Akhir siswa kelas XII Tata Busana dalam menyelesaikan pembelajarannya.

Terinspirasi dari berbagai macam warna cantik di bumi pertiwi dengan pesonanya yang selalu memotivasi kita untuk mencapai cita atau harapan yang terbaik. Siswa kelas XII program keahlian Tata Busana yang berjumlah 106 orang mencoba menggali potensi mereka  untuk menghasilkan karya yang layak diekspos, dikemas dalam pagelaran Fashion show bertema Dahayu Pancarona. Karya mereka  terbagi dalam empat kategori,  yaitu busana kerja, busana casual, busana muslim, dan busana kebaya.

Koleksi busana yang ditampilkan pada fashion show kali ini menggunakan bahan utama berupa kain d’JeLiPat yang dikombinasikan dengan kain lurik atau material lain sehingga menghasilkan karya busana yang spektakuler, modern, dan dapat diterima oleh khalayak khususnya pemerhati di bidang fashion, sekaligus dapat mengangkat kearifan lokal.

Kegiatan fashion show ini adalah hasil kerja keras yang melibatkan semua pihak, terutama dukungan dari orang tua/wali murid baik berupa moril maupun materil. Terselenggaranya kegiatan fashion show ini adanya kolaborasi dengan program keahlian Multimedia dalam penayangan live streaming Youtube serta program keahlian Kuliner dalam penyediaan konsumsi.

Ajang kreatvitas siswa ini diharapkan dapat mengexplore kompetetensi dan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berkarya serta agar setelah lulus para siswa siap terjun di industri fashion sesuai dengan passionnya masing-masing. Keseluruhan peragawati yang tampil merupakan kolaborasi siswa busana, alumni busana, dan siswa perhotelan.

Dr. Nikmah Nurbaity, S.Pd, M.Pd, B.I selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan selamat kepada siswa Kelas XII Busana SMK Negeri 3 Magelang, kalian memiliki atitude karakter yang kuat serta memiliki keterampilan yang mumpuni dan daya juang yang tinggi karena lulusan SMK Negeri 3 Magelang diharapkan mampu untuk berwirausaha menjadi enterprenuer, membuka butik, dan menjadi   seorang fashion designer. Kalian memiliki kompetensi yang bagus untuk bekal diterima di dunia kerja ataupun untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. “ Nikmatilah masa muda dengan bahagia karena pendidikan saat ini adalah bagaimana membangun karakter yang baik pengetahuan yang luas.” tambahnya.

Mila Yustiana, S.Pd, M.M.Par selaku Kepala SMK Negeri 3 Magelang menyampaikan fashion show ekspos karya ini merupakan kegiatan spesial karena diselenggarakan oleh siswa siswi kelas XII Busana SMK Negeri 3 Magelang. Rangkaian perjalanan siswa siswi dalam menyiapkan kegiatan ini diawali dengan membuat sebuah karya busana yang ditampilkan di kegiatan fashion show ini. Kegiatan ini merupakan hasil dari implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran teaching factory dengan pendekatan projek based learning, di mana di dalam pembelajaran siswa diminta untuk bisa membuat karya yang bisa diakui dan diterima oleh masyarakat luas.”

Aisyah Ajeng Cucu Teratai selaku ketua panitia fashion show ekspos karya menyampaikan selamat kepada teman-teman kelas XII Busana SMK Negeri 3 Magelang yang telah selesai  melaksanakan Tugas Akhir 2023, serta menyampaikan terima kasih kepada Ibu Mila Yustiana, S.Pd, M.M.Par selaku Kepala SMK Negeri 3 Magelang, desainer pendamping, Ibu guru Program Keahlian Busana, dan semua pihak yang mendukung dalam pelaksanaan kegiatan ini. Acara fashion show ini bertujuan untuk mengenalkan hasil karya siswa. Pengerjaan tugas akhir dimulai dengan pembuatan desain yang dibimbing oleh desainer pendamping, kemudian pembuatan pola dan dilanjutkan proses menjahit sampai finishing yang dibimbing oleh desainer dan guru pendamping. Terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat serta ajang mempromosikan produk unggulan SMK Negeri 3 Magelang yaitu d’JeLiPat. Semoga Program Keahlian Busana SMK Negeri 3 Magelang semakin maju dan dapat menyelenggarakan event yang lebih besar.

Tim Jurnalistik Skaniga (Arin)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner