SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMK NEGERI 3 MAGELANG

Senin, 17 Juni 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 305 Kali

SMK Negeri 3 Magelang sebagai SMK Pariwisata Negeri satu-satunya yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang siap menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2019/2020. SMK Negeri 3 Magelang sebagai salah satu SMK Revitalisasi, menjadi piloting sebagai SMK unggulan dengan berupaya meningkatkan mutu pendidikan.

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri 3 Magelang mengikuti juklis atau petunjuk dari Provinsi Jawa Tengah. Secara resmi alur pendaftaran secara online diawali tanggal 17 – 28 Juni 2019 dengan verifikasi berkas dan pengajuan akun, dilanjutkan dengan pendaftaran Daring Mandiri dan/atau lewat Satuan Pendidikan mulai tanggal, 1 – 5 Juli 2019. Berkas persyaratan yaitu foto copy Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama  dengan ijazah SMP/ijazah program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP yang telah diligalisir pejabat yang berwewenang. Foto copy dan menunjukkan aslinya, Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 tahun pada awal tahun pelajaran baru 2019/2020. Belum menikah, . Foto copy Kartu Keluarga paling singkat 6 bulan sebelum pendaftaran PPDB, Surat Keterangan sehat dari dokter yang menerangkan hasil pemeriksaan kesehatan tidak buta warna total, Mata (plus) + dan (minus) – maksimal 2 dan tidak silindris. Pengumuman tanggal 9 Juli 2019

Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar menyampaikan SMK Negeri 3 Magelang yang terletak di jantung Kota Magelang tepatnya di Jalan Pierre Tendean No 01 Magelang adalah salah satu sekolah piloting pelaksanaan kurikulum 2013. Sebagai sekolah kelompok Pariwisata dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun Pelajaran 2019/2020 mengembangkan 5 kompetensi keahlian dengan daya tampung yaitu: Multimedia : 36 peserta didik, Perhotelan : 72 peserta didik, Tata Boga : 108 peserta didik, Tata Kecantikan Kulit dan Rambut : 72 peserta didik, dan Tata Busana : 108 peserta didik.. Tanggal 12 Juni kemarin  kami mengadakan Uji Coba PPDB dan sosialisasi tentang tata cara pendaftaran online, imbuh Mila.

  1. Visi SMK Negeri 3 Magelang

Menjadi SMK yang dikelola secara profesional, menghasilkan tamatan  unggul, mampu bersaing di pasar global dan berwawasan  lingkungan

  1. Misi SMK Negeri 3 Magelang
  2. Menghasilkan tamatan yang berakhlak mulia dan memiliki karakter  kebangsaan
  3. Membentuk tamatan yang mandiri, berjiwa kreatif, inovatif, sportif dan kompeten.
  4. Mengelola sekolah dengan SMM ISO 9001:2015 dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
  5. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional.
  6. Menjadikan sekolah sebagai pusat pengetahuan dan pelatihan yang berperan dalam pelayanan pendidikan masyarakat di kota Magelang dan sekitarnya.
  7. Mengembangkan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

  1. Tujuan SMK Negeri 3 Magelang
  2. Menyiapkan tamatan yang memiliki kompetensi yang memadai sehingga mampu bersaing di dunia global.
  3. Menyiapkan tamatan mampu menempati karir dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri.
  4. Menghasilkan tamatan yang dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  5. Menyiapkan sekolah berwawasan lingkungan dan berkualitas dengan manajemen yang ditangani oleh tenaga profesional.

 

MULTIMEDIA

Masing-masing kompetensi keahlian membekali bidang ilmu untuk menyiapkan generasi sukses. Kompetensi Keahlian Multimedia kompetensi yang didapatkan adalah advertising, Photography, videography, Merchandising, 3D Modelling, Animation, Sound Specialist, Graphic Design, Illustration, Editing, Web Design.

  

 

 

PERHOTELAN

Kompetensi Keahlian Perhotelan kompetensi yang diajarkan Front Office : Receptionist, Reservation Clerk, Telephone Operator, Porter. Housekeeping : Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Laundry Attendant.

 

  

 

 

TATA BOGA

Kompetensi Keahlian Tata Boga yang diajarkan adalah : ilmu gizi, Keamanan pangan, Tata Hidang, Pengolahan dan penyajian makanan nasional dan internasional, Pengetahuan bahan makanan produk cake dan kue Indonesia, Produk pastry dan backery, Produk Kreatif Kewirausahaan.

  

 

 

TATA KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT

Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut mempelajari : Perawatan Rambut (Creambath). Penataan Hairpiece, Pemangkasan (cutting), Pewarnaan Rambut (Colouring), Pengeritingan (Perming), Pelurusan (Rebounding), Penataan (Styling), Penataan sanggul Tradisional dan Kreatif, Perawatan wajah (Facial), Manicure pedicure, nail art, Rias wajah khusus dan kreatif, Body massage dan waxing.

  

 

 

TATA BUSANA

Kompetensi Keahlian Tata Busana mempelajati Fashion design (menggambar desaign busana), Pattern making (membuat pola busana), Mengelola busana industri dan mengelola busana costum made, Embriodery (menghias busana), Menerapkan produk tefa.

  

 

Kutua Panitia PPDB SMK Negei 3 Magelang Sutji Sadarini, S.Pd. menyampaikan bahwa pendaftaran SMK tidak menerapkan zonasi, jadi dari wilayah manapun bisa mendaftar. Kemudahan memilih sekolah atau kompetensi keahlian juga lebih leluasa peluangnya yaitu dapat memilih empat kompetensi keahlian pada dua bidang keahlian. Walaupun pendaftaran adalah secara online tetapi kami pihak satuan pendidikan SMK Negeri 3 Magelang tetap membantu memfasilitasi bagi para peserta didik untuk melakukan pendaftaran dengan sarana di sekolah, seperti komputer/laptop dengan jaringan internet. Kami mengucapkan terima kasih kepada para tim panitia PPDB dari beberapa guru dan tenaga Tata Usaha yang telah mempersiapkan dengan baik, juga kerja sama dari anak-anak OSIS. Yang utama saya menghimbau kepada masyarakat kota, kabupaten Magelang dan sekitarnya untuk segera bergabung mendaftarkan putra-putri lulusan SMP/MTs/Sederajat ke SMK Negeri 3 Magelang karena di sini siap mencetak generasi sukses dengan kelebihan-kelebihan fasilitas yang kami miliki seperti gedung dan ruangan yang representatif dengan kapasitas kelas yang memadai baik untuk teori dan praktik. Fasilitas pendukung yang lengkap seperti sarana ibadah, lab komputer,  lab bahasa, lab IPA, perpustakaan, unit produksi dll. Apalagi dengan seringnya mendapat bantuan dana Pemerintah tentu menambah kemajuan sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai catatan sejarah jika dahulu anggapan bahwa di  SMK Negeri 3 Magelang adalah sekolah putri, tetapi berkembangnya dunia pendidikan dan kesadaran  masyarakat , sekarang di sekolah kami banyak menerima murid laki-laki.

Drs. Tokhibin, M.Pd selaku Waka kurikulum menambahkan bahwa SMK Negeri 3 Magelang dalam kegiatan Belajar Mengajar menerapkan sstem Tefa ( Teaching Factory) dengan mengacu pada kebutuhan indudtri. Apalagi kurikulum kami siapkan dengan melakukan sinkronisasi dengan industri sesuai kompetensi keahlian. Inovasi pembelajaran mendatangkan industri sebagai guru tamu adalah dalam upaya link & Match dengan indutri. Sinergitas pendidikan dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) adalah untuk mengurangi pengangguran lulusan vokasi di Indonesia.  Kami siapkan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan industri. Hal ini dibuktikan bahwa lulusan SMK Negeri 3 Magelang menjadi incaran industri yang memberikan peluang kerja. Jadi sangat tepat jika menentukan pilihan untuk sekolah di SMK Negeri 3 Magelang.

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL