SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Siswa SMK Negeri 3 Magelang pamerkan produk Unggulan d’JeLiPat melalui fashion Show Wastra Nuswapada

Kamis, 02 Mei 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 29 Kali

d’JeLiPat merupakan produk unggulan SMK Negeri 3 Magelang prodi Tata Busana. Hasil produknya berupa kain celup dengan teknik Shibori. Shibori adalah teknik pewarnaan kain dari jepang dimana motif tercipta dengan proses pencelupan pada pewarna. Shibori berbeda dengan batik, dimana motifnya diperoleh dengan cara diikat dan dilipat. Tidak sepenuhnya d’JeLiPat sama dengan Shibori. Teknik pembuatan kain dari jepang ini dikombinasi dan dikreasi oleh guru dan para siswa SMK Negeri 3 Magelang dengan teknik pembuatan kain lokal yang ditunjukkan oleh beragam kreativitas motif dan cara membuatnya berupa kain, lenan, kaos, souvenir bahkan fashion.

 

  

Gelar karya yang ditampilkan di Artos Mall  2 Mei lalu mempersembahkan karya dari 106 siswa tata busana kelas xii sebagai bagian dari Uji Kompetensi siswa. Dengan tema Wastra Nuswapada ini, menunjukkan bahwa SMK Negeri 3 Magelang turut melestarikan dan membudayakan beragam kain nusantara dan dikreasikan sesuai kreavitas tanpa batas. Tak terlepas dari 4 tema kecil yakni cortex, svarga, neo medieval, dan exhuberant karya kreativitas siswa ini mendapat apresiasi yang sangat luar biasa terutama dari para pejabat yang datang, kebetulan yang membuka acara adalah KCD wilayah IV kota Magelang. Busana yang ditampilkan di atas catwalk Atrium Artos Mall ini mempersembahkan 5 jenis busana, yakni busana kerja, busana pesta, kebaya,busana muslim, dan futuristik, dimana futuristik adalah busana ala-ala yang sangat berbeda di tahun-tahun sebelumya.

 

  

Tak meninggalkan produk unggulan SMK Negeri 3 Magelang, selain lurik, tenun, batik, dan troso, material yang digunakan adalah kain d’JeLiPat. Mulai dari mendesain, memilih bahan, mencelup kain, menjahit, dan finishing, siswa mengerjakan sendiri hingga produk bernilai tinggi dan laku di pasaran. Kain-kain yang siswa buat disulap menjadi sebuah karya luar biasa dan menjadi kebanggaan tersendiri karena disaksikan sendiri oleh para orang tua mereka. Selain kompetensi menjahit, siswa dibekali wirausaha salah satunya pembuatan kain d’JeLiPat. Pembekalan seperti ini siswa dapatkan lebih banyak didalam proses pembelajaran yang berbasis TEFA atau Teaching Factory. Dimana dalam pelaksanaannya, siswa melaksanakan praktek sesuai order dari customer. Tak heran ketika siswa berhasil mendapatkan piala, mereka menangis terharu karena mengingat perjuangan menyelesaikan serentetan tugas-tugas berat mereka.

 

  

Banyak masyarakat yang hadir dalam gelar karya siswa tersebut dan antusias bertanya serta ingin membeli busana yang ditampilkan bahkan ada yang memesan ukuran sendiri. Bahkan tamu dari dunia usaha dan industri berlomba-lomba untuk memilih si pembuat baju untuk dijadikan rekan kerja di usaha dan industri yang mereka miliki. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lulusan SMK Negeri 3 Magelang terutama tata busana sangat recomanded untuk dicari dan menjadi partner atau tenaga kerja yang siap bersaing di dunia kerja. Adanya peningkatan permintaan lulusan dari masyarakat setiap tahunnya, menjadikan SMK Negeri 3 Magelang siap mencetak lulusan hebat untuk melayani kekurangan tenaga kerja bagi industri bidang busana. Karena, anak-anak hebat tercipta dari guru-guru yang hebat pula.

 

    

 

 

d’JeLiPat SMK Negeri 3 magelang juga melayani berbagai pesanan kain panjang, kaos, berbagai souvenir, lenan rumah tangga seperti sarung bantal, sprei, dan berbagai produk lainnya. Baik  untuk instansi maupun umum. “SMK bisa – SMK hebat – SMK Negeri 3 Magelang Luar Biasa – Tata Busana Istimewa” Itulah slogan yang selalu kami serukan.

                                                                   Choirunnisya’ / guru tata busana Skaniga

 

 

  

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini bagus ?

LIHAT HASIL