SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PRESENTASI HASIL PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN

Jum'at, 26 April 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 60 Kali

Para siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Magelang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di industri sesuai kompetensi yaitu bidang kecantikan di tempat salon dan spa. PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah suatu kegiatan pendidikan yang wajib diikuti untuk siswa/siswi SMK, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia industri atau dunia kerja dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) denga kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya.

Tujuan di adakannya Praktik Kerja Lapangan adalah

  1. Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah.
  2. Membentuk Pola pikir yang membangun bagi siswa  PKL
  3. Melatih siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya
  4. Membentuk semangat kerja yang baik bagi siswa – siswi PKL
  5. Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa dan siswi PKL sesuai bidangnya masing masing.
  6. Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari – hari.
  7. Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri ataupun dunia usaha.

 

Setelah selesai para siswa melaksanakan PKL maka selanjutnya mereka melakukan presentasi sebagai bentuk laporan terhadap sekolah dan memberikan sosialisasi kepada adik kelas tentang pelaksanakan PKL.

Program Keahlian Tata Kecantikan memberikan kesempatan para siswa untuk presentasi hasil dari PKL pada hari Jumat, Tanggal 26 April 2019 di Aula SMK Negeri 3 Magelang. Masing-masing kelompok industri atau salon menyampaikan hasil PKL yang telah didapatkan. hal ini menjadi bagian para siswa mendapatkan pengalaman dan menambah ilmu, mendapatkan ilmu yang tidak diajarkan di sekolah. sedangkan untuk adik-adik kelas X adalah sebagai persiapan memperoleh informasi sebelum melaksanakan PKL, menjadi gambaran dan bekal.

   

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini bagus ?

LIHAT HASIL