SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

GELAR KARYA TATA KECANTIKAN “BEAUTY EXPLORATION” DI ARTOS MALL MAGELANG

Minggu, 14 April 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 508 Kali

Hari Minggu 14 April 2019 Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Magelang mengadakan Gelar Karya Tata Kecantikan 2019 dengan tema “Beauty Exploration” di Atrium Armada Town Square (Artos) Magelang. Kegiatan yang dilakukan dengan dua sesi yaitu pagi jam 10.00-12.00 berupa Beauty Class bersama PT. Rembaka La Tulipe Cosmetiques dengan tema “Glamour Makeup” yaitu workshop rias wajah/make up. Diikuti untuk masyarakat umum, di kota Magelang dan sekitarnya, bahkan ada peserta yang datang dari Solo, Brebes. Mereka mengetahui info dari media social (medsos) yang dishare. Kurang lebih 100 peserta mengikuti acara tersebut. Demo rias wajah dilakukan oleh Tim Makeup La Tulipe kemudian para peserta praktik secara langsung. Hasil akhir para peserta dinilai dengan tiga nominasi terbaik. Peserta terbaik adalah Zakia Latif dari Magelang, yang kedua adalah April dari Brebes, yang ketiga adalah Serly dari Solo.

 

  

      Beauty Class "Glamour Make Up" Tata kecantikan bersama La Tulipe Cosmetiques

                          

              Model Demo Rias Glamour Make Up (Arum Kusuma Arupadhatu)

 

Sesi kedua berupa Gelar Karya yang menampilkan karya-karya hebat para siswa kelas XII Tata Kecantikan. Banyak tampilan terbaik yang dipersembahkan, dari awal tampilan tari tradisional sebagai pembuka yaitu tari Yapong, dilanjutkan Drama Rias Karakter dengan berbagai jenis rias karakter seperti punokawan, warok, kelinci, cepot, kera, dan karakter orang tua. Menceritakan tentang “Ayo Nonton Gelar Karya” diselipi dengan penjelasan tentang profil SMK Negeri 3 Magelang terutama keunggulan Program Keahlian Tata Kecantikan yang mempunyai prospek masa depan yang baik, lulus langsung bisa kerja, berwirausaha ataupun dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Apalagi banyak industri yang justru jemput bola datang ke sekolah untuk memberikan peluang kerja. Untuk Tata Kecantikan permintaan kerja dan peluang kerja dari Industri sangat tinggi bahkan sampai “inden”. SMK Negeri 3 Magelang juga memiliki komptensi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, dan Multi Media.

 

  

                      Tari Yapong                                                   Dance Modern

                    

                                               Drama Rias Karakter

 

Masih sebagai pembuka adalah tampilan modern dance tampilan ciri semangat kawula yang lincah dan energik. Selanjutnya tampilan hasil karya Tata Kecantikan Rambut Sanggul Nusantara yakni Sanggul Ukel Tekuk dari Yogyakarta, Sanggul Pusung Tagel dari Bali, Sanggul Dendeng dari Kalimantan Barat, Sanggul Simpolong Tatong dari Sulawesi Selatan, Sanggul Sempol Gampang Kemang dari Aceh, Sanggul Gelung Malang dari Palembang. Tampilan Perming (Pengeritingan) dengan boneka manaquin yang sudah dibentuk Pengeritingan Desain seperti Stick Perming, Keriting Sosis, Keriting Vertikal, Keriting Batu Bata diperagakan dengan model dari kelas XII. Masih kompetensi rambut adalah cutting, colouring dan styling untu pria dan wanita.

    

                                                     Sanggul Nusantara

 

    

                                                  Sanggul Modifikasi dan Upstyle

 

   

                                                        Perming (Pengeritingan)

 

   

                                                        Cutting Colouring Styling

 

Untuk Kompetensi Kulit tampilan yang dipersembahkan adalah Rias Fantasi “Batik Van Java”, “Blue Ocean”, dan “Ratu Sanggeni. dilanjutkan dengan parade tata rias pengantin : Rias Pengantin Sunda Siger, Rias Pengantin Solo Basahan, Rias Pengantin Muslim, Rias Pengantin modifikasi Jogja tanpa paes, Rias Pengantin Bridal. Para Model diperagakan oleh para siswa Tata Kecantikan dengan pendukung model dari siswa Perhotelan yaitu Arya Praditya Aji, Daru Fajar Kurniawan, Ahmad Heru Setiawan, Satria Wibawa, dari siswa Tata Busana adalah Bhimo Maulana Ibrahim

 

   

                                                                Rias Fantasi

 

  

                                                             Pengantin Bridal

 

  

                                                              Pengantin Muslim

 

             

                                          Pengantin Modifikasi Jogja tanpa paes

 

   

                                                         Pengantin Sunda Siger

 

   

                                                        Pengantin Solo Basahan

 

                      

Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar dalam sambutannya memberikan apresiasi atas pelaksanaan Gelar Karya Tata Kecantikan di Artos Mall ini. Kegiatan ini adalah sebagai upaya menunjukkan kepada masyarakat kemampuan kompetensi Tata Kecantikan, tidak semua sekolah pariwisata bisa membuka kompetensi ini. Bahkan SMK Negeri 3 Magelang adalah satu-satunya SMK di kota dan kabupaten Magelang yang memiliki kompetensi keahlian Tata Kecantikan. Gelar karya yang dipersembahkan oleh para siswa kelas XII ini menjadi motivasi pada adik kelasnya bahwa kompetensi yang sudah dipelajari selma tiga tahun layak dipamerkan dan ditampilkan kepada masyarakat. Hal ini juga menjadi bukti dan memberikan gambaran kepada Pemerintah dan masyarakat bahwa SMK bukan pencetak pengangguran justru SMK adalah pencetak wirausaha dan siap kerja. Apalagi SMK Negeri 3 Magelang sebagai salah satu SMK Revitalisasi, maka karya kompetensi ini sebagai salah satu produk unggulan Tata Kecantikan Terima kasih pada para siswa dan guru pembimbing yang telah mempersiapkan dengan baik penyelenggaran ini. Usaha kerja keras membuahkan hasil yang luar biasa.

Gelar Karya di Artos ini dihadiri oleh pejabat Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah VIII Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Pengawas SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Dra. Asturi M.Pd. dari jajaran Dunia Usaha dan Dunia Industri, PHRI, Komite Sekolah, Tim Manajemen sekolah, dewan guru dan karyawan, para siswa, para pendukung Sponsor, dan masyarakat umum.

Yang lebih menarik karena kesempatan mendapatkan banyak doorprize  seperti kompor gas, kipas angin, dispenser, catok curly, paket kosmetik dari La Tulipe, voucher Edusalon Citra Ratu SMK Negeri 3, Voucher Hanun Salon yang merupakan alumni Tata Kecantikan, dan banyak hadiah merchandise cantik.

 

   

Ketua Program Keahlian Tata Kecantikan Maesaroh Nurlaila, S.Pd. menyampaikan bahwa Gelar Karya ini terwujud berkat perjuangan para siswa dan guru pembimbing dalam mempersiapkan, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu, baik dukungan doa, moril, materiil, seperti pihak Artos Mall yang telah memfasilitasi untuk event Gelar Karya ini, para sponsor seperti para alumni yang telah berhasil dalam usaha Kecantikan yaitu Hanun Salon, Anesya MUA, Ana Salon (Trina Indra), Larasati Wedding Organizer, juga bantuan kostum dari Lina Gunawan Salon dan Bridal House, Misella Sanggar Rias, Pivot Managemen Yayan Arsa, beberapa voucher Edusalon Citra Ratu SMK Negeri 3, bingkisan PT. Rembaka La Tulipe, Toko Kosmetik Padma, dan publilkasi dari media patner Magelang Ekspres dan Jawa Pos Radar Semarang. Sedangkan dokumentasi dan video melibatkan siswa Multi Media sebagai sarana pembelajaran. Kami memohon masukan dan saran agar ke depan dapat lebih baik dan dapat meningkatkan karya kompetensi para siswa Tata Kecantikan, imbuh Maesaroh.

 

                 

 

    

               Tim Kompetensi Rambut                                          Tim Kompetensi Kulit

 

                      

                                        Tim Guru Pembimbing Kecantikan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini bagus ?

LIHAT HASIL