SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PRODUK UNGGULAN BOGA & BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG DIPAMERKAN DI MUSRENBANG KOTA MAGELANG

Selasa, 19 Maret 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 169 Kali

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Magelang melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Magelang Tahun 2020. Dalam kegiatan tersebut menampilkan Pemeran Produk/Kreatifitas pada pembukaan acara tersebut.

SMK Negeri 3 Magelang sebagai salah satu SMK yang berada di kota Magelang ikut berpartisipasi dengan produk unggulan dari Program Keahlian Tata Boga yaitu “Browncafies” dan dari Program Keahlian Tata Busana yaitu kain d’JeLiPat.

 

  

Program Keahlian Tata Busana mempunyai produk unggulan kain "d'JeLiPat" yaitu kain dimana proses pembuatan adalah : d’Jel   = Dijelujur, Li  = Lipat, Pat = Mampat. Produk kain dengan teknik pencelupan menggunakan pewarna alami seperti Tingi, Mahoni, Alpukat, Indigo, Nangka. Hasil motif yang didapatkan adalah dengan beberapa teknik dari menjelujur, melipat, diikat kemudian dicelupkan. Hasil-hasil kain d'JeLiPat diproduksi lagi dengan karya-karya yang cantik seperi Busana pesta, busana kerja, lenan rumah tangga seperti tirai, taplak meja, sarung bantal, seprei. juga souvenir seperti dompet, tas, tempat hp, tas laptop dll.

Produk unggulan Tata Boga adalah inovasi dari bahan dasar tepung mocaf. Produk Cake dan Kue Indonesia berbasis mocaf. Produk yang diunggulkan diantaranya adalah Brownies Mocaf dan Risoles Mocaf. Berbeda dengan produk serupa yang ada di pasaran, produk unggulan Tata Boga ini menggunakan mocaf (modified cassava flour) atau tepung singkong modifikasi sebagai bahan utamanya. Pemilihan mocaf sebagai bahan utama dikarenakan produk singkong yang melimpah di Magelang, dan sekaligus untuk mengangkat nilai jual singkong. Tepung mocaf selanjutnya diolah menjadi berbagai macam produk cake dan kue Indonesia  diantaranya brownies, risoles, cake susu, cake marmer, dan lain-lain. Produksi brownies, risoles dan produk-produk yang menggunakan mocaf dilaksanakan dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran Tefa (Teaching Factory). Selain memproduksi cake dan kue Indonesia berbasis mocaf, Tefa Boga SMK Negeri 3 juga menerima pesanan aneka snack dus dan nasi kotak untuk berbagai acara.

Bapak Hendra selaku panitia dari Bapeda yang menemani Walikota Magelang Bapak Sigit  selama kunjungan di stand menyampaikan respon pak Wali positif dan memuji kemasan yang sudah bagus. Bapak Wali memuji inovasi rasa dan kemasan.

Para pengunjung yang melihat stand SMK Negeri 3 Magelang responnya sangat positif, Terutama setelah mencicipi tester brownies, selain karena tertarik dengan bahan dasarnya mocaf, untuk rasa dan tekstur banyak yang memberikan komentar lebih enak dan lembut dibanding dengan brownies yang lain. Selain itu mereka menyampaikan tidak eneg karena tidak terlalu manis.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Magelang yang memberikan kesempatan untuk mengenalkan produk unggulan Tata Busana Dan Tata Boga. Produk kebanggaan siswa SMK. Apalagi SMK Negeri 3 Magelang sebagai salah satu SMK Revitalisasi dan menjalankan program Teaching Factory selalu berusaha melakukan inovasi untuk kemajuan anak SMK. Program SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha) memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar wirausaha.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL