SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

TINJAUAN MANAJEMEN 11 SMM 1SO 9001:2015 SMK NEGERI 3 MAGELANG

Senin, 11 Maret 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 83 Kali

SMK Negeri 3 Magelang melaksanakan kegiatan Tinjauan Manajemen 11 SMM ISO 9001:2015 Sabtu 9/3/2015 kemarin di RM Joglo Ndeso Kuthan Sedayu Muntilan. Diikuti oleh  tim manajemen  SMK Negeri 3 Magelang dari seluruh unit kerja, baik wakasek, program keahlian, Tata Usaha dan anggota komite sekolah. Sebagai pemateri / narasumber adalah Kepala Sekolah Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar tentang Kebijakan dan Sasaran Mutu. Kemudian Drs. Edi haryo Suseno sebagai QMR menyampaikan materi Audit Internal dan Tinjauan Manajemen.

 

SMK Negeri 3 Magelang menggunakan sistem manajemen mutu ISO sejak tahun 2009 SMM ISO 9001:2008 dengan PT. TUV, kemudian tahun 2018 secara resmi hijrah ke SMM ISO 9001:2015. Sistem Manejemen Mutu ISO 9001:2015 selalu berfokus pada efektifitas proses continual improvement dengan penekanan pada proses manajemen resiko dan pilar utama pola berpikir PDCA (Plan Do Chek Action), dimana dalam setiap proses selalu dilakukan perencanaan yang matang, implementasi yang terukur dengan jelas, dilakukan monitoring, evaluasi dan analisis data yang akurat serta tindakan perbaikan berkelanjutan dan melakukan manajemen resiko agar pelaksanaannya dapat menuntaskan masalah yang terjadi  dalam suatu organisasi.

 

Ketua panitia Drs. Edi Haryo Suseno menyampaikan kegiatan Tinjauan Manajemen 11 ini adalah untuk melakukan tinjauan atas Sistem Manajemen Mutu yang telah diterapkan sehingga dapat menilai keefektifan sistem dan meningkatkan mutu manajemen sekolah. Setelah kegiatan ini diharapkan masing-masing unit kerja dapat menyusun program kerja dan melaksanakan Sistem Manajemen Mutu sesuai dengan ketentuan SMM ISO 9001:2015.

Beberapa agenda kegiatan adalah Laporan Audit Internal 11 dan Evaluasi Tinjauan Manajemen 10, Kebijakan Sekolah, dan diskusi kelompok. Para peserta dibagi dalam kelompok diskusi kecil membahas materi-materi yang urgen kemudian hasil diskusi dipresentasikan dalam diskusi kelompok besar di forum semua peserta. Tujuan Tinjauan Manajemen ini adalah untuk melakukan tinjauan atas Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, Menilai keefektifan sistem, improvement dan melakukan manajemen resiko sekolah, Menetapkan sasaran mutu yang akan datang, menetapkan kebijakan sekolah dan program kerja Unit Kerja.

Hasil yang diharapkan adalah penyusunan program dan pelaksanaan Sistem manajemen Mutu yang akan datang yang meliputi, perubahan pada keefektifan sistem manajemen mutu dan proses-prosesnya, Perbaikan yang berkaitan dengan persyaratan dan kepuasan pelanggan, Peningkatan sumber daya dan kinerja (SDM), Penetapan sasaran mutu sekolah yang akan dating, Menetapkan kebijakan sekolah dan program kerja Unit Kerja, membuat manajemen resiko dan peluang dari program kerja.

 

 

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini bagus ?

LIHAT HASIL