SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

MENGUJI KARAKTER

Jum'at, 01 Maret 2019 ~ Oleh Vera Ira Maya Rohi ~ Dilihat 78 Kali

Sumber gambar diambil dari https://www.brainyquote.com/quotes/abraham_lincoln_101343 Diakses 28/2/2019 Pukul 12:00 WIB

Warning:

Jadilah pembaca yang cerdas secara lahir dan batin. Tulisan ini hanyalah sebuah refleksi awal Maret 2019, bersifat independent, tidak ada tendensi tertentu untuk kepentingan golongan tertentu.

Hari pertama di bulan Maret 2019 ini saya yakini banyak disambut dengan berbagai macam suasana hati. Ada yang bersukacita karena masih diberikan umur panjang, kesehatan, kesuksesan, kebahagiaan dan kesejahteraan. Ada yang mungkin kecewa karena sudah hari pertama di bulan Maret masih harus menyelesaikan tugas-tugas lemburan bulan Februari yang masih tertunda. Bagi peserta didik kelas XII persiapan detik-detik menuju Ujian Nasional. Apapun, harus dihadapi untuk mewujudkan asa yang diimpikan.

Setiap orang terlahir sebagai pemenang, lahir sebagai pemimpin, yang mampu memimpin dirinya sendiri kemudian mampu memimpin orang lain. Namun yang perlu diketahui bersama bagaimana kita mampu menguji karakter seseorang?

Pendidikan karakter juga menjadi happening saat ini. Saya percaya masing-masing orang tua juga memiliki kurikulum untuk anak agar memiliki jiwa kepemimpinan dan memiliki karakter yang baik. Di Jawa sangat terkenal pula dengan Hastobroto atau ajaran mengenai delapan (8) perilaku seorang pemimpin yang merupakan manifestasi dari TUHAN YANG MAHA ESA, yang saya duga banyak yang sudah melupakannya. Delapan unsur yang dimaksud adalah tanah, api, angin, air, angkasa, bulan, matahari dan bintang.

Tanah bermakna pemurah, teguh, tangguh, sabar,tidak cengeng.

Api bermakna berwibawa, tegas, berani, benar.  

Angin bermakna tidak membeda-bedakan.

Air bermakna merata, seimbang.

Angkasa bermakna keluasan batin.

Bulan bermakna memberi penerangan, semangat, kepercayaan, dan melindungi.

Matahari bermakna memberi energi dan menopang kehidupan.

Bintang bermakna menjadi teladan, tidak mudah terpengaruh.

Tetapi bagaimanakah kita menguji karakter seseorang?

Mengutip quote Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16 :”nearlly all men can stand adversity, but if you want to test a man’s character, give him a power”.

Jelaslah sekarang bagaimana cara kita menguji karakter seseorang.

 

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini bagus ?

LIHAT HASIL