SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Cap Go Meh

Selasa, 19 Februari 2019 ~ Oleh Vera Ira Maya Rohi ~ Dilihat 176 Kali

            Atraksi barongsai yang selalu ada pada saat perayaan Cap Go Meh

sumber :https://www.tionghoa.info/sejarah-cap-go-meh/ diakses 19/2/2019 pukul 09:00 WIB

Calender of Events Wonderful 2019 yang dipublikasikan oleh Kementerian Pariwisata terdiri dari 10 Top National Events dan 100 Wonderful Events tercipta atas prakarsa Presiden RI yang menginginkan agar Indonesia mempunyai event yang berkualitas dan berstandar internasional sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan. Hal ini juga sejalan dengan tren berwisata kaum millenial saat ini yang sarat akan konten digital dan terbukti efektif dalam membantu mempromosikan suatu destinasi/event sehingga viral dan dikunjungi banyak orang, salah satunya adalah Cap Go Meh.

Cap Go Meh melambangkan hari ke lima belas bulan pertama Imlek dan merupakan hari terakhir rangkaian masa perayaan Imlek. Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat merupakan salah satu event  yang terpilih terpilih melalui kurasi yang ketat berdasarkan kriteria yang ditetapkan; yaitu harus mempunyai Creative Value, Commercial Value, dan  Communication Value, serta  CEO Commitment. Kriteria ini dimaksudkan agar masyarakat sekitar dapat turut serta menikmati direct impact dari terselenggaranya event tersebut, serta menumbuhkan rasa memiliki dan tanggungjawab menjaga keberlanjutannya.

Cap Go Meh merupakan event pariwisata berbasis Tionghoa ini merupakan salah  satu andalan dalam mendatangkan wisatawan  mancanegara ke Kalimantan Barat. Tercatat pada tahun 2017 sebanyak 26 Duta Besar dari berbagai Negara datang untuk melihat festival Cap Go Meh. Event ini dilaksanakan  secara rutin setiap tahun, tepatnya hari ke-15 (lima belas)  setelah perayaan Tahun Baru Imlek. Ratusan tatung/loya  melakukan parade mengelilingi kota dengan atraksi- atraksi ekstrem beserta sekelompok pemukul gendang untuk mengusir roh jahat. Festival Cap Go Meh setiap tahunnya dipusatkan di kota Singkawang.

Bagaimana dengan Cap Go Meh di Kota Magelang? atau bagi Anda yang merayakannya, apakah Anda telah menyiapkan sajian Lontong Cap Go Meh hari ini?

 

 

Catatan : informasi tentang Cap Go Meh ini bersumber dari Calender of Events Wonderful 2019 yang di dipublikasikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL