SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

KUNJUNGAN INDUSTRI TATA KECANTIKAN DI “OMAH HERBORIST” SEMARANG

Kamis, 13 Desember 2018 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 371 Kali

Para siswa Program Keahlian Tata Kecantikan kelas XI SMK Negeri 3 Magelang mengadakan Kunjungan Industri di PT. Victoria Care Indnesia “Omah Herborist” Semarang. Kegiatan yang sudah menjadi agenda program dengan tujuan pengenal industri terutama sebelum para siswa melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Selain untuk tujuan pengenalan industri kegiatan ini adalah sebagai inovasi pembelajaran. Siswa tidak hanya mendapatkan ilmu dari guru saja, tetapi secara langsung belajar di Industri. Para siswa dapat berinteraksi secara langsung dan mendapatkan pengetahuan lebih. Ilmu yang telah didapatkan di sekolah dapat dikomunikasikan di Industri sesuai dengan kebijakan sekolah tentang penyelarasan kurikulum dengan industri.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang, Mila Yustianan, S.Pd.,M.MPar menyampaikan SMK Negeri 3 Magelang termasuk sebagai SMK Revitalisasi. Melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Pengembangan SMK melalui program revitalisasi diaktualisasikan dalam strategi implementasi revitalisasi diantaranya meliputi inovasi   pembelajaran, dan    perluasan   kerjasama   dengan   DU/DI sebagai bentuk usaha menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi sesuai pengguna lulusan (link and match).

Omah Herborist menjadi pilihan tempat kunjungan industri karena pertimbangan relevan dengan kompetensi yang dipelajari di Tata Kecantikan. Produk kosmetika yang digunakan dalam pembelajaran praktik dipelajari secara detail dalam mata pelajaran Kosmetika, baik kosmetika rambut maupun kosmetika kulit. Kunjungan industri di “Omah Herborist” adalah sebagai salah satu inovasi pembelajaran mengenal produk secara langsung baik dalam pembuatan, sampai dengan penggunaan.

Di “Omah Herborist” menjadi destinasi wisata menikmati kekayaan akan tanaman herbal asli Indonesia dalam bentuk industri herbal di sebuah pabrik kosmetik. Berlokasi di Kawasan Industri Candi Blok 5A Semarang. Kunjungan berupa konsep edutrip mengelilingi pabrik seluas 3 hektaran, melihat proses produksi, packaging sampai olahan produk jadi. Sebelumnya akan dibekali dengan pakaian khusus yang steril mulai dari baju, masker, tutup kepala, kaos tangan dan pelindung alas kaki karena di dalam pabrik harus bersih dan tidak boleh memegang piranti dan produk di dalam pabrik. Selanjutnya memasuki ruangan untuk menerima penjelasan dan demo produk. Kenudian masuk area sebuah mini theatre. disini akan disuguhkan film pendek tentang tanaman herbal asli Indonesia seperti jahe, sirih, kayu manis, temulawak, dan lainnya. Sesi diakhir perjalanan akan kembali diajak mengenali produk olahan Omah Herborist seperti sabun sirih, minyak zaitun, sun block, scrub, parfum, lulur, dan lain-lain. Karena disitu pengunjung bisa berbelanja sesuai keinginan dan kebutuhan.

Ketua Program Keahlian Tata Kecantikan Maesaroh Nurlaila, S.Pd. menyampaikan bahwa kujungan industri ini juga untuk membekali dan menambah wawasan para siswa di bidang kecantikan sebelum mereka melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di Industri. Saya ucapkan selamat melaksanakan PKL untuk para siswa kelas XI Tata Kecantikan mulai tanggal 17 Desember 2018 di salon-salon di wilayah Yogyakarta, Semarang, Temanggung, Borobudur, Magelang dan sekitarnya. Praktik Kerja Lapangan menjadi pembelajaran mendapatkan ilmu dan kompetensi secara langsung di industri, dapat secara nyata mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di sekolah, dan dapat pula memperoleh ilmu yang tidak didapatkan di sekolah. PKL juga sebagai kegiatan siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini bagus ?

LIHAT HASIL